top of page

7 Tips Aman Menggunakan CPAP pada Lansia

7 Tips Aman Menggunakan CPAP untuk Lansia
Tips Aman Menggunakan CPAP untuk Lansia

Menggunakan CPAP (Continuous Positive Airway Pressure) adalah salah satu terapi yang diberikan pada lansia. CPAP adalah alat yang digunakan untuk membantu orang yang menderita sleep apnea, kondisi di mana pernapasan terganggu saat tidur.


CPAP memberikan aliran udara terus-menerus yang menjaga saluran napas tetap terbuka.


Penggunaan CPAP pada lansia memiliki beberapa pertimbangan khusus. Namun penggunaanya juga memiliki berbagai manfaat yang signifikan. Seperti, meningkatkan kualitas tidur, mengurangi risiko komplikasi kesehatan, meningkatkan fungsi kognitif, dan mengurangi kantuk di siang hari (mengurangi risiko jatuh).

 

Tips Menggunakan CPAP pada Lansia

Agar penggunaannya aman, berikut ini tips menggunakan CPAP pada lansia:

 

1. Konsultasi dengan Dokter

Pastikan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum memulai penggunaan CPAP. Ini penting untuk menyesuaikan pengaturan perangkat sesuai kebutuhan medis dan kesehatan lansia.


Tinjau secara berkala dengan dokter untuk memastikan bahwa penggunaan CPAP tidak memengaruhi kondisi medis lansia lainnya, seperti tekanan darah atau penyakit jantung.

 

2. Pemilihan Masker yang Nyaman

Pilihlah masker CPAP yang nyaman dan sesuai dengan kondisi wajah serta ukuran lansia. Pastikan masker tersebut tidak menekan atau mengganggu kulit yang sensitif. Apalagi digunakan untuk jangka watu yang lama.

 

3. Membersihkan Perangkat secara Rutin

Rajinlah membersihkan seluruh bagian perangkat CPAP sesuai petunjuk produsen. Kebersihan yang baik dapat mencegah infeksi dan menjaga kualitas udara yang dihirup.

Bersihkan masker, selang, dan perangkat CPAP secara teratur sesuai petunjuk produsen. Ini berguna untuk mencegah perkembangan bakteri atau jamur yang dapat menyebabkan infeksi.

 

4. Posisi Tidur yang Nyaman

Bantu lansia untuk menemukan posisi tidur yang nyaman saat menggunakan CPAP. Ini dapat memengaruhi kenyamanan penggunaan perangkat dan efektivitas terapi. Bantuan bantal khusus bisa meminimalkan tekanan pada masker.


Perhatikan juga tantangan mobilitas terkait radang sendi, penggunaan masker, gangguan tidur seperti sering ke kamar mandi, dan terjaganya pendamping pasien.


Dukung lansia untuk menyesuaikan diri dengan penggunaan CPAP. Mereka mungkin membutuhkan waktu untuk terbiasa dengan perangkat ini, jadi berikan dukungan dan bimbingan yang tepat.

 

5. Menggunakan Pelembap Udara

Jika perlu, gunakan pelembap udara atau humidifier pada perangkat CPAP. Hal ini membantu menjaga kelembapan udara yang masuk ke saluran pernapasan, mengurangi kemungkinan iritasi.

 

6. Perhatikan Kondisi Kulit

Amati kondisi kulit di area yang terkena masker CPAP secara teratur. Jika terjadi iritasi atau masalah lainnya, konsultasikan dengan dokter untuk penyesuaian atau perawatan yang tepat.


Lansia cenderung memiliki kulit yang lebih sensitif dan rentan terkena iritasi, jadi pilih bahan yang lembut dan hypoallergenic. Periksa kulit secara rutin untuk memastikan tidak terjadi iritasi atau lecet akibat penggunaan masker CPAP. Gunakan krim atau lotion yang direkomendasikan untuk menjaga kelembapan kulit.


7. Pemantauan Teratur

Pastikan untuk melakukan pemantauan rutin terhadap penggunaan CPAP, baik dari segi kinerja perangkat maupun kenyamanan penggunaan oleh lansia.


Lakukan pemantauan teratur terhadap penggunaan CPAP dan respons tubuh lansia terhadap terapi tersebut. Catat perkembangan atau perubahan kondisi untuk dibahas dengan dokter secara berkala.

 

Dengan mengikuti tips ini, diharapkan penggunaan CPAP dapat menjadi lebih aman dan efektif bagi lansia dalam mengatasi gangguan tidur seperti sleep apnea.


Menggunakan CPAP dapat sangat bermanfaat bagi lansia yang menderita sleep apnea, meningkatkan kualitas hidup, dan kesehatan secara keseluruhan.


Dengan perhatian dan dukungan yang tepat, lansia dapat menyesuaikan diri dengan perangkat ini dan mendapatkan manfaat maksimal dari penggunaannya.


Di sisi lain, kepatuhan akan pemakaian CPAP pada lansia harus diperhatikan. Karena karakreristik lansia yang unik dikaitkan dengan kepatuhan dalam penggunaan CPAP ini.


Dalam kondisi seperti ini merupakan keputusan tepat untuk bekerja sama dengan layanan kesehatan. Pastikan memilih layanan kesehatan terkemuka untuk pelayanan optimal. Ammarai Healthcare Assistance solusinya.


Berdiri sejak tahun 2012 Ammarai Healtcare Assistance terus berkembang dan memberikan layanan yang responsif, solutif, dan terjangkau. Jaga selalu kesehatan Anda dengan bijak.


Penulis: Mira Afandy

Editor: Yunita R. Saragi


2 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comments


bottom of page