top of page

Mengapa Home Care menjadi Pilihan untuk Merawat Lansia?


Perhatian terhadap kesejahteraan orang lanjut usia kian meningkat di tengah masyarakat modern. Sejalan dengan meningkatnya rata-rata usia harapan hidup dan perubahan gaya hidup, jumlah orang lanjut usia pun semakin bertambah. Akibatnya, permintaan akan layanan kesehatan yang memadai bagi golongan ini juga semakin meningkat. Salah satu solusi yang semakin diminati adalah perawatan di rumah, atau yang biasa disebut home care. Mengapa home care menjadi pilihan utama untuk merawat orang lanjut usia? Mari kita telaah beberapa alasan di balik tren ini.


  1. Kenyamanan dan Kehangatan

Kenyamanan dan perasaan aman sangatlah penting bagi orang lanjut usia ketika menerima perawatan kesehatan. Dengan berada di lingkungan rumah mereka sendiri, mereka dapat tetap merasa nyaman dan terlindungi. Mereka tak perlu menghadapi ketidaknyamanan beradaptasi dengan lingkungan baru atau rasa canggung dengan kehadiran orang asing, seperti yang mungkin terjadi di lembaga perawatan jangka panjang. Kehangatan dari anggota keluarga juga tetap dapat dirasakan, yang dapat memberikan dampak positif terhadap kesejahteraan emosional orang lanjut usia.


  1. Kontinuitas Perawatan

Home care memungkinkan terciptanya kontinuitas dalam perawatan bagi orang lanjut usia. Mereka tidak perlu dipindahkan dari satu tempat ke tempat lainnya, yang dapat mengganggu jalannya perawatan dan menimbulkan stres tambahan. Dengan tetap tinggal di rumah mereka sendiri, orang lanjut usia dapat menjalani rutinitas harian mereka dan menerima perawatan yang konsisten dari tim perawat yang sama.


  1. Penyesuaian Perawatan

Setiap individu memiliki kebutuhan kesehatan yang unik, dan hal ini juga berlaku bagi orang lanjut usia. Melalui home care, perawatan dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan dan preferensi masing-masing orang lanjut usia. Tim perawat dapat bekerjasama dengan mereka dan keluarganya untuk merumuskan rencana perawatan yang sesuai dengan kondisi kesehatan, preferensi diet, tingkat aktivitas fisik, dan lain sebagainya.


  1. Efisiensi Biaya

Walaupun pada awalnya terlihat lebih mahal, home care sebenarnya dapat menghasilkan penghematan biaya jangka panjang bagi orang lanjut usia dan keluarganya. Dibandingkan dengan biaya perawatan di lembaga perawatan jangka panjang, biaya home care sering kali lebih terjangkau. Lebih dari itu, home care juga dapat membantu mencegah atau mengurangi jumlah kunjungan ke rumah sakit atau lembaga perawatan karena komplikasi atau kondisi yang memburuk, sehingga secara keseluruhan dapat mengurangi biaya perawatan.


  1. Dukungan Keluarga

Home care juga memberikan kesempatan bagi keluarga untuk terlibat secara langsung dalam perawatan orang lanjut usia mereka. Hal ini memungkinkan anggota keluarga untuk tetap aktif dalam kehidupan sehari-hari orang lanjut usia, memberikan dukungan emosional yang penting, dan memastikan bahwa kebutuhan kesehatan mereka terpenuhi dengan baik. Keterlibatan keluarga juga dapat membantu mengurangi beban perawatan bagi orang lanjut usia dan mempererat hubungan keluarga.



  1. Memperkuat Kemandirian

Home care mendorong kemandirian bagi orang lanjut usia sebanyak mungkin. Dengan tetap tinggal di rumah mereka sendiri, orang lanjut usia dapat terus melakukan aktivitas sehari-hari sesuai dengan kemampuan mereka. Tim perawat dapat memberikan bantuan saat diperlukan, tetapi tujuan utamanya adalah untuk memungkinkan orang lanjut usia tetap aktif dan mandiri sejauh yang mereka bisa.


  1. Manajemen Penyakit Kronis

Banyak orang lanjut usia yang menderita penyakit kronis yang membutuhkan perawatan jangka panjang dan pemantauan yang cermat. Home care memungkinkan manajemen penyakit kronis ini dilakukan secara lebih efektif dengan menyediakan perawatan yang terarah dan berkelanjutan di lingkungan yang nyaman bagi mereka. Hal ini dapat membantu mencegah kondisi memburuk dan memperpanjang kualitas hidup orang lanjut usia.


Secara keseluruhan, home care telah menjadi pilihan utama untuk merawat orang lanjut usia dengan berbagai alasan yang mendukung. Dengan memberikan kenyamanan, kontinuitas perawatan, penyesuaian, efisiensi biaya, dukungan keluarga, pemberdayaan, dan manajemen penyakit kronis, home care menawarkan solusi yang holistik dan berkelanjutan untuk memenuhi kebutuhan kesehatan orang lanjut usia di era modern ini. (ASA)

5 tampilan0 komentar

Postingan Terakhir

Lihat Semua

Comentarios


bottom of page