top of page

Pentingnya Perawatan Gigi dan Kesehatan Mulut pada Lansia

Diperbarui: 3 Jul

Perawatan Gigi dan Kesehatan Mulut pada Lansia
Perawatan Gigi dan Kesehatan Mulut pada Lansia

Perawatan gigi dan kesehatan mulut pada lansia sangat penting karena lansia rentan terhadap berbagai masalah gigi dan mulut seperti gigi berlubang, penyakit gusi, dan kerusakan gigi akibat penuaan.


Kesehatan gigi dan mulut merupakan bagian integral dari kesehatan secara keseluruhan, terutama bagi lansia. Masalah ini dapat memengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.


Oleh karena itu, perawatan rutin seperti menyikat gigi dua kali sehari, membersihkan sela-sela gigi, dan kunjungan rutin ke dokter gigi sangat disarankan untuk mencegah masalah kesehatan yang lebih serius di masa depan.


Perawatan Gigi dan Kesehatan Mulut pada Lansia

Dalam artikel ini, akan dibahas mengapa perawatan gigi dan kesehatan mulut pada lansia sangat penting, strategi perawatannya, serta dampaknya terhadap kesejahteraan mereka.

 

Risiko Kesehatan Mulut pada Lansia

Lansia cenderung mengalami perubahan fisiologis yang dapat memengaruhi kesehatan gigi dan mulut mereka. Beberapa faktor yang berkontribusi terhadap risiko kesehatan mulut pada lansia meliputi:

 

1. Penurunan Produksi Air Liur:

Produksi air liur cenderung menurun seiring dengan bertambahnya usia. Hal ini dapat meningkatkan risiko terjadinya gigi berlubang dan infeksi karena air liur memiliki peran penting dalam melindungi gigi dari asam dan bakteri.

 

2. Penuaan Gigi:

Gigi-gigi lansia rentan terhadap kerusakan akibat penggunaan jangka panjang dan pengikisan enamel gigi dari makanan dan minuman.

 

3. Penyakit Gusi:

Gingivitis dan periodontitis lebih umum pada lansia karena penumpukan plak dan tartar yang tidak terkontrol. Penyakit gusi dapat menyebabkan peradangan, penurunan tulang pendukung gigi, dan akhirnya kehilangan gigi.

 

4. Penyakit Kronis:

Lansia sering menghadapi kondisi kesehatan kronis seperti diabetes atau penyakit jantung yang dapat memengaruhi kesehatan mulut mereka.

 

Pentingnya Perawatan Gigi yang Rutin

Perawatan gigi secara rutin dan teratur sangat penting bagi lansia untuk mencegah masalah kesehatan mulut yang serius. Berikut adalah beberapa langkah perawatan yang direkomendasikan:

 

1. Menyikat Gigi Secara Teratur:

Lansia disarankan untuk menyikat gigi minimal dua kali sehari dengan pasta gigi yang mengandung fluoride. Teknik menyikat yang baik dan penggantian sikat gigi secara teratur juga penting.

 

2. Membersihkan Sela-sela Gigi:

Menggunakan benang gigi atau alat antar gigi untuk membersihkan sisa makanan dan plak di antara gigi yang tidak dapat dijangkau dengan menyikat gigi.

 

3. Kunjungan Rutin ke Dokter Gigi:

Melakukan pemeriksaan gigi secara teratur setidaknya dua kali dalam setahun penting untuk pembersihan gigi profesional.


Selain itu, melakukan pemeriksaan kesehatan mulut menyeluruh dan mendeteksi dini masalah gigi dan gusi.

 

4. Penggunaan Obat Kumur:

Berkumur dengan obat kumur yang mengandung fluoride membantu menguatkan enamel gigi dan melawan bakteri penyebab gigi berlubang.

 

5. Menghindari Kebiasaan Merokok dan Konsumsi Alkohol Berlebihan:

Kebiasaan merokok dan konsumsi alkohol dapat merusak kesehatan gigi dan gusi secara signifikan. Sebaiknya, mengonsumsi makanan sehat yang kaya nutrisi seperti sayuran, buah-buahan, dan produk susu untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut.

 

Dampak Kesehatan Umum

Kesehatan mulut yang buruk pada lansia tidak hanya memengaruhi mulut mereka tetapi juga dapat memiliki dampak serius pada kesehatan mereka secara umum.


Beberapa riset menunjukkan hubungan antara penyakit periodontal dengan risiko penyakit jantung, strok, diabetes, serta masalah kesehatan umum lainnya. Dengan menjaga kesehatan mulut yang baik, lansia dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.


Faktor Pendukung Perawatan Gigi pada Lansia

Selain perawatan gigi rutin, ada faktor lain yang mendukung kesehatan mulut lansia:

 

  • Nutrisi yang Seimbang: Pola makan yang sehat dengan konsumsi makanan yang kaya akan vitamin dan mineral membantu mempertahankan kesehatan gigi dan gusi.

  • Perhatian Khusus pada Protesis Gigi: Jika menggunakan gigi palsu atau protesis gigi lainnya, lansia perlu memastikan perawatan yang baik dan kunjungan rutin ke dokter gigi untuk pemeriksaan dan penyesuaian jika diperlukan.

  • Edukasi dan Kesadaran: Menyediakan edukasi yang memadai kepada lansia dan caregiver mereka tentang pentingnya perawatan gigi dan kesehatan mulut juga penting untuk meningkatkan kesadaran dan kepatuhan terhadap perawatan ini.

 

Pentingnya perawatan gigi dan kesehatan mulut pada lansia tidak dapat diabaikan. Dengan melakukan perawatan gigi yang rutin lansia dapat mengurangi risiko masalah kesehatan mulut yang serius.


Dengan menjaga kebersihan mulut secara teratur dapat meningkatkan kualitas hidup mereka secara keseluruhan.


Upaya pencegahan ini tidak hanya memengaruhi kesehatan mulut mereka tetapi juga memberikan manfaat jangka panjang terhadap kesehatan umum dan kualitas hidup mereka.


Mengunjungi dokter gigi secara teratur adalah ikhtiar untuk melakukan perawatan gigi, Ammarai Healthcare Assistance adalah pilihan tepat untuk ikhtiar Anda.


Ammarai Healthcare Assistance menawarkan perawatan yang komprehensif dan mengadopsi pendekatan holistik. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan kualitas hidup secara optimal.


Segera hubungi call center Ammarai Healthcare Assistance untuk mendapatkan layanan kesehatan terbaik.


Penulis: Mira Afandy

Editor: Yunita R. Saragi

2 tampilan0 komentar

Comments


bottom of page